Hari Aktivitas Sedunia 2024: 5 Tips Menjaga Kesehatan

Foto Page Detail

  1. Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin akan membuat tubuh Anda bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Orang Dewasa yang berusia kisaran 18-64 tahun melakukan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang selama 150 Menit setiap minggu.

Bukan hanya membantu aktivitas fisik, olahraga rutin juga membantu anda menjaga kesehatan mental dengan cara mengurangi stres. Pastikan untuk menyesuaikan jenis olahraga dengan kondisi fisik tubuh Anda masing-masing.

 

  1. Makan Buah dan Sayur

Ketika mengambil atau membeli makanan, jangan hanya memfokuskan pada pemenuhan karbohidrat saja. Melainkan juga memenuhi kebutuhan zat gizi, termasuk melengkapi nya dengan sayur dan buah-buahan.

 

  1. Istirahat yang cukup

Kualitas tidur yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk  sistem kekebalan tubuh. Pasalnya ketika Anda beristirahat, tubuh Anda akan membersihkan racun dan mengembalikan energi.

Kurang tidur akan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti Diabetes Tipe Dua, jantung, obesitas. Hingga depresi.

Pada umumnya jam tidur yang ideal bagi anak-anak dan remaja berusia 12-18 tahun yaitu selama 8-9 jam per hari, sedangkan orang dewasa berusia 18-40 tahun idealnya tidur selama 7-8 jam per hari, kebutuhan tidur mungkin bisa bertambah jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

 

  1. Kelola Stres

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengelola stres. Pasalnya stres terbukti dapat melemahkan sistem imun di dalam tubuh sehingga membuat Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Ketika Stres, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon kortisol sebagai penyedia energi. Namun, jika hormon kortisol dilepaskan terus menerus membuat kinerja tubuh bisa menurun sehingga Anda rentan terkena penyakit.

 

  1. Menjaga kebersihan

Cara menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit menular.

 

Berikut cara menjaga kebersihan yang Anda bisa terapkan:

  1. Cuci tangan sebelum dan setelah makan.
  2. Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin.
  3. Minum air dari sumber tepercaya.
  4. Menutup genangan air.
Referensi :

Buku pemantauan aktivitas fisik (2020) The Journal Publishing  .

Zurich (2019) 5 Tips menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Kemenkes (2023) 5 Tips agar terus sehat sampai tua.


Kembali
Charitas Mobile Care